Latest News

welcome dominopoker99

Monday 29 August 2016

Hingga petang sinabung terus meletus

Karo -  Hujan Vulkanik Gunung Sinabung mengguyur kota berastagi dan sejumlah wilayah lain di karo, Sumatera utara ( sumut) , Sejak pagi sepanjang hari ini, jumat (26/8/2016). Akibat abu vulkanik ini, aktivitas masyarakat pun terganggu.


Camat Berastagi, mirton Ketaren, menghimbau warganya untuk tidak beraktivitas di luar rumah jika tak ada yang terlalu penting. jika memang harus keluar rumah, warga di minta menggunakan masker. di sejumlah tempat abu vulkanik menjadi lumpur tebal saat hujan turun.

" untuk sementara kitaa melakukan penyiraman di wilaya objek=objek wisata terutama kota,
dan menghimbau agar masyarakat tidak beraktivitas, dan jika perlu warga menutup pintu agar debu tidak masuk rumah. saat ini untuk kebutuhan dengan stok yang ada sudah kita bagi-bagikan ke masyarakat." ujarnya

Sementara itu, berdasarkan data yang di peroleh dari pos pemantau gunung api [ PPGA ] Sinabung, Pusat vulkanologi dan mitigasi bencana Geologi [ PVMBG ]
desa ndokum siroga. kecamatan simpang empat, sejak pukul 06:00 - 12:00 Wib, telah terjadi 1 kali awan panas guguran dengan jarak luncur sejauh 4KM meter ke arah Tenggara-Timur.

Visual di sekitar gunung tertutup kabut akibat cuaca mendung dan hujan, angin sedang - kencang ke arah timur dengan suhu udara 18-20°C, Sesuai amatan, juga terjadi hujan gerimis-sedang pada pukul 06.15-10.25 WIB pagi.

Juga terjadi 14 kali gempa guguran dengan amplitudo maksimal 4-120 milimeter (mm) dan lama gempa 36-445 detik. Terekam, gempa Low Frequency terjadi 2 kali dengan amplitudo maksimal 5-89 mm dan lama gempa 16-27 detik. Gempa Hybrid terjadi 6 kali dengan amplitudo maksimal 3-11 mm dan lama gempa 15-19 detik..

Sementara, sejak pukul 12.00-18.00 WIB, terjadi erupsi 2 kali dengan ketinggian kolom debu mencapai 500 meter. Sedangkan awan panas guguran terjadi 1 kali dengan jarak luncur 2.700 meter ke arah Selatan-Tenggara. Visual disekitar gunung jelas-sebagian tertutup kabut dengan cuaca berawan-mendung. Angin perlahan-sedang ke arah Timur-Tenggara dengan suhu udara 19-20°C.

No comments:

Post a Comment

Recent Post